Rabu, 14 April 2010

Antara bos gurita dan marketing warung tegal (penggalan kisah dibuang sayang)

Si Tumang
Jang!!! Ujaaaang lu kelarin ini yah buruan orangnya udah nunggu
Wiiii! Dwi lu juga kelarin mobil ini, segera segera
Eh lu mau kemana, ok lu go, go !!!!
Begitulah, setiap hari sepanjang pagi hingga malam lengkingan suara yang cempreng2 cadel seperti logat cinanya terus saja memenuhi ruangan showroom mobil tempat saya berkerja
Rajin cekatan dan super sibuk, itulah sekilas gambaran yang mungkin ada di benak kita kalau melihat bos yang satu ini.
pokoknya
jatuh hati kita kalo belum mengenal sosok yang satu ini
Tapi kalo yang tahu dan udah kenal, huekg…!!! Mau muntah rasanya
dan, ..
dari situlah anak2 di tempat saya berkerja menjuluki dia si t u m a n g

Begitulah, penilaian subjektif saya terhadap bos, pimpinan di tempat saya kerja kali ini
pendapat ini saya simpulkan setelah saya pindah2 kerjaan, dan berpindah2 majikan
Dan kalau anda mau melihat dagelan2 lawak yang tidak lucu, coba mampirlah hari rabu pagi dan ikutlah briefing dengan kami. Anda pasti akan tercengang2 dengan adegan lawak yang disajikan bos saya satu ini,berikut dagelan2nya yang tidak lucu dan anda harus siap2 tertawa dalam hati lalu di tahan dalam perut tapi jangan sampai kentut melihat tingkah polahnya di ruang rapat, he he.

iii

udah, … lu gak gua pake !!!
model kayak lu mah gak kepake ama gua !!!
kenapa boss??/ mang kenapa mobil gua ??/
lu gak liat ??? sembari melotot si tumang menunjukkan bekas penyokan pada salah satu panel pintu mobil yang dibawa si ming2
tapi kan itu gua udah laporin ama si heri, balas ming2 tak mau kalah
(si heri adalah supervisor di tempat showroom mobil tempat kami berkerja)
saya yang tak sengaja memperhatikan ribut2 kecil tersebut dari kejauhan pun tak lama di pangggil
med2 med sini sini, coba lu liat
waduh, … jadi ketibanan neh guman saya dalam hati
ya pak, ada apa ??
coba lu liat ini … kira2 menurut lu ini musti di cash apa nggak ??? nih nih coba lu liat , tunjuk si tumang pada bekas tabrakan di panel pintu mobil tersebut kelihatan seperti orang yang sangat gusar
saya hanya terdiam sembari pura2 memperhatikan ???
waduh… dilema neh ,..
gak gua jawab di bilang sama begonya gua dengan si ming2, tapi kalo dijawab gua gak enak karena si ming2 sahabat gua gerutu saya dalam hati
ya di cash si pak , jawab saya ragu
nah lu denger itu !!! sergah si tumang sambil ngeloyor pergi

ming omong2 tadi penyok di pintu gak lu laporin ???? Tanya saya kepada ming2 sedikit tak enak karena “tersangkut” urusan tadi pagi
udah, …
ke heri, jawab si ming2 sembari membanting berkas laporan penilaian di meja kantin di depan anak2 yang lagi pada ngumpul di kantin, gusar
tapi kog di sini gak ada tanda tangan si heri ming ?? Tanya si deni gemblong, salah seorang rekan saya
iyalah kan baru tadi pagi gua buat, mobilnya aja sore baru gua lihat, jawab ming2 sewot
Sebelumnya udah gua conform ke heri ma si tumang soal mobil itu via telepon karena gua lagi dilapangan sama yang punya mobil
lah emang si heri gak belain elu di depan bos sola masalah ini ??? Tanya yang lain
kagak, malah dia bilang gak pernah dia di telpon ama gua, sampe gua tunjukin data panggilan di HP gua ke dia, jelas si ming2 emosi sembari menunjukkan data panggilan keluar di HP nya.
terus ???
ya si heri sumpah2 gak ngerasa di telerpon sama gua di depan si tumang
sama donk kejadiannya dengan gua dan si med, timpal deni
iya med, ..
malah si med2 lebih parah daripada persoalan elu
mang kenapa med
sebenarnya saya malas ngebahas ini, ya tapi karena didesak oleh dua rekan saya itu ahirnya saya cerita.
Jadi, customer lu itu yang sore2 bawa mobil minibus warna gold itu??
Iya
Emang dealnya berapa ??
Pek ji go, seratus dua puluh lima …
Yah itu mah murah donk,
mobil nya mana bagus, chassis bagus mesin kering gak bekas banjir.
Tapi ada sol2 sedikit catnya, ujar saya tidak mau menutupi
Biasalah mobil di Jakarta med, timpal ming2
Tapi si tumang gak mau, tukas saya
Alasannya ??
Yang kemahalan lah, kalah di warna lah, mobilnya kurang seger lah
Asinan kali , pake seger segala, terus ???
Ya gitu deh, …
sampe customer gua ngamuk2 dijalan saat gua anter dia dan mobilnya balik ke rumahnya. Ngomongin gua gak professional lah, kacangan lah
yah wajarlah med, udah jauh jauh ke mari, sampai sini mobil dijelek2kin eh trus gak di beli
emang heri gak bantuin ???
udah, …
malah dia nambah jelek2kin soal ban mobil customer gua
emang pas lagi laporan lu gak jelasin detail soal kondisi mobil luh ??
sudah,….ini lihat sampai sudah di tanda tangani mereka ber dua, jelas saya sambil memperlihatkan form laporan saya
harga juga udah deal, orang si tumang udah telepon ke customernya langsung dia gak percaya harganya sama gua
trus gimana
ya … kejadiannya akhirnya begitu
truss
yah udah besoknya si tumang nanyain lagi soal mobil gua
katanya gimana kar ?? Tanya deni
med mobil luh jadi deh gua ambil, sekarang lu kerumahnya ya , go go !! sembari saya memperagakan gaya si tumang di depan rekan saya
Gila kali yah si tumang ,, timpal deni dan ming2 sembari ngakak tertawa geli
Trus lu kerumah customer lu???
Iya, tapi sampai di sana gua di damprat ama tuh ncik2
Dia bilang,
Eh lu med bilang yah sama boss eluh showroom, di Jakarta ini showroom mobil bekas ratusan bukan showroom lu doank !!! mobil gua udah laku seratus dua puluh delapan lebih bagus dari harga eluh, lu bilangin yah sama boss eluh !!!!!
Yah iyalah med, emang pasarannya segitu , timpal deni dan ming2 sembari ngikik tertawa panjang
Sialan luh be dua !!!
Trus begitu lu laporin ama si tumang dan si heri tanggapannya gimana ??
Jawabnya gini, dasar luh aja med bawa mobil sore2 kemari, lain kali beli mobil pagi2 jadi bisa kita proses cepat, begitu jawab si tuman. Apa hubungannya coba ????@$# , kata saya sembari meniru logat si tumang di telpon
Nasib lu parah banget med, udah di sini di bego2 in ama bos elu, di customer di maki2.
percis udah jatoh nyium tahi kuda ha ha …..

ii

barusan gua di sidang ama si tumang di ruangan si tumang, …
gua disuruh mengundurkan diri, ujar ming2 pelan
saya melihat mata ming2 merah menahan tangis, bibirnya bergetar..
padahal, …
lu tahu gak med, baru kali ini gua serius bener2 berkerja dari sekian tahun gua
keluar masuk kerjaan !! jelas si ming2 dengan suara bergetar
busyeet … dalam hati saya kaget mendengar berita itu
ini mah keterlaluan, cetus saya dalam hati
orang susah2 mo cari makan disini, ngelamar kerja ampe tunggu panggilan lama2 sampai tiga bulan, lalu baru kerja dua minggu kerja sudah disuruh keluar !!!
bener2 si tumang kelewatan !!! gerutu saya dalam hati
ini kan bukan perusahaan nenek moyangnya med , keluh ming2 lagi….
pusyiiing …gumam saya memegang jidat saya yang mulai nyut2an
ming, …
iya, kenapa ???
gua juga seminggu sebelum elu masuk ke mari juga pernah ngalamin yang kayak elu, timpal si deni gemblong
Tanya si med2 kalo lu gak percaya
iya med ?? Tanya ming2 kepada saya
iya, jawab saya pelan sembari mengingat kejadian waktu itu
malah lebih parah, tukas deni lagi
kita berdua disodorin langsung surat pengunduran diri, gak jelas apa alasannya tahu2 si heri kasih itu ke kita berdua
dan ketika gua tanya apa penyebabnya, dia malah bilang itu perintah si tumang
lalu ???
ya gua berdua nolak menanda tangani
gila apa?? kita susah2 ngelamar ke sini,
tiga bulan pak ….timpal si gemblong sembari menunjukkan tiga jarinya
begitu di terima baru beberapa bulan udah disuruh keluar , jawab si deni singut
si heri gak belain lo bedua ?? Tanya si ming2 lagi
saya dan deni berbarengan menggelengkan kepala
sama yah …
lu ingat gak si kris??? Tanya deni kepada ming2
iya gua tahu, anak yang dating kemaren ribut2 ama s tumang dan heri di kantor
he eh, dia itu anak seangkatan si ben2 jadi di atas gua, dia mah baru dua bulan udah di tending,
maka nya dia ngamuk2
kalo di pikir2 apa mau nya si tumang yah, kalo dia gak mau ada orang baru ya jangan buka lamaran donkk, jadi kepala cabang kog gitu !!! gerutu ming2 sewot
kami semua angkat bahu
gak ngertiiiiii ,,,,
dan, …
begitulah ahir pembicaraan kami di kantin,
tak lama kemudian,
ada sekitar dua minggu dari kami saling cerita di kantin, ming2 resmi “mengundurkan diri” alias dipecat baik2 dari showroom si tumang.
tembus rekor,… cerita saya pada istri di rumah
Tidak sampai sebulan berkerja, dengan penuh perjuangan karena harus berangkat subuh dan pulang malam jadi “calo mobil profesional” , bersaing dengan puluhan calo2 freelance memburu unit mobil bekas yang dijual melalui iklan sebuah harian pagi ibu kota, namun hal itu tidak menjadi pertimbangan yang sepadan bagi si tumang untuk mempertimbangkan nasib priuk nasi anak buahnya.
Tragis….

ii

gak usah elu med anak baru, gua yang udah dicabang ini sepuluh tahun, (tunjuk mas Erwin sembari mengembangkan sepuluh anak jarinya) masih aja sering di “siksa”
apalagi si ben2, lu liat aja hampir tiap hari di goblok di begoin ama si tumang, suatu hari senior saya cerita ketika melihat saya habis di “keramas” si tumang di dalam kantornya sembari menunjuk jidat si ben2
he eh,… si ben2 hanya nyengir
tapi mas ini mah udah kelewatan kali…??, keluh saya
masa yang diomongin ke saya cuma pengunduran diri lagi pengunduran diri lagi, emang gak ada omongan yang laen, dan kalo emang salah, salah saya di mana, atau diajarin kek biar gak salah ??? gerutu saya panas.
mana si heri gak mau belain kita lagi , celetuk si deni rekan seangkatan saya
yah dia mah jangan di harap med, ….
kalo si tumang itu anjingnya kalo si heri mah alas tidur si tumang
jadi sebelas dua belas donk ...
cabang ini mah punya mereka berdua med , ujar sib en tertawa
padahal kita ini professional loh, jelas mas Erwin lagi
perusahaan dapat untung melalui perkerjaan kita itu milyaran…
memang kita digaji gede, tapi coba lu liat insentif kita per unit ??? pek go doank bandingkan dengan divisi lain, gak beresiko sudah siap saji dapat bonus gede
coba kalo lu liat net profit perusahaan kita hamper 6 persen sebulan gila gak luh
iya yah mas tambah si ben2
belum lagi si tumang itu kalo ngomongin kita pake bego2 tolol2 kayak kita aja yang payah gak bisa beli mobil, coba kalo dia yang salah
iya mas, kaya si heri beli mobil sedan hitam kemaren, kaca belakang pecah gak keliatan aja di diemin, coba aja kalo kita udah di suruh ganti, tiga juta !!! ujar si deni
gak usah heri, si tumang aja yang beli, ben inget gak lu mobil minibus yang dia beli minggu lalu yang bekas tabrak depannya ?? ujar mas Erwin coba mengingatkan si ben2
oh iya, yang warna silver yang dari si koh acin temennya itu
iya…
wah itu mah parah mas, tiang radiatornya aja bekas las2an, apalagi catnya blenk blentong jawab si ben
kalo gua mah curiga ben
curiga kenapa mas??? Tanya saya
iya, kalo si tumang tuh sering “nitip” gede tuh ama si acin
nitip apaan ??
kangtau, alah masa lu gak tau med
ohh gitu ??? saya nyengir2 mulai sedikit mengerti
ya iyalah, orang si acin itu temen dia
coba ben lu inget udah berapa banyak mobil si acin yang “bonyok” di beli ama si tumang ??? Tanya mas Erwin ke si ben2
sepanjang gua kerja di sini ada sekitar tiga puluhan kali mas
tuh …
tapi yang lebih curiganya lagi, report laporan penilaian yang bikin kalo nggak langsung si tumang, kalo nggak si heri
yah sebelas dua belas lah
oh begitu tohh, …..
saya hanya manggut2 seperti kuda bego

iiiii

med jangan di ambil, ntar si tumang ngamuk loh, cegah dwi ketika saya hendak membawa ban bekas ke dalam mobil saya
tapi wi, ini kan udah di kasih yang punya mobil ini saat menjual mobil ini ke sini ama gua
gua tahu, tapi kalo lu gak mau susah jangan ambil deh..
mang kenapa wi ??/ selidik saya
disini ini, dari ban bekas, kaleng bekas , oli bekas, Koran bekas ampe besi2 bekas mah bisnisan si tumang med jelas si dwi kepada saya
iya pak, tambah si ujang asisten si dwi teknisi kami ikut menambahkan
jadi lo orang gak ada seseran??? Tanya saya lagi
gak ada, ya gaji itulah…
paling sama uang tips pak kalo yang beli mobil baek, ngasih…., tambah ujang
busyeet jadi semuanya di kup ama dia
ya iyalah, makanya rumahnya segede itu
bapak kan pernah ke rumahnya ya pak, Tanya si ujang kepada saya
iya, waktu nganter motor matic yang ada di kantor kemaren ama si deni ke sana
nah motor itu juga masih punya anak2 waktu dapat hadiah dari leasing saat ada lomba HUT RI kemaren, rencananya sama anak2 motor itu akan dijual, nah duitnya buat jalan2 ke kampungnya si ujang di lembang rame2 bawa keluarga.
Mo bakar2 ikan gurame pak di tempat saya , ujar ujang cengengesan
iya jang, ??
he eh, jawab si ujang polos
wah seru tuh !!..
tapi kog di ambil dia?? Tanya saya keheranan
ya gitu deh, khan dia yang ngatur laut ama bulan
wah kayak tuhan donk, ujar saya meringis karena musti merelakan ban milik saya diambil si Tumang
dah, lain kali kalo mo ambil apa yang di “kasih” kustemer , di luar aja jangan di kantor, ntar repot lu jadinya, saran dwi kepada saya sembari menyusun tumpukan ban saya ke tumpukan ban bekas yang semakin menggunung
duit, duit, duit ……

Sialan si tua bangka tumang itu, … gerutu si uni sembari menyeka air mata dari balik kaca matannya
Saya yang duduk di meja counter pas jam piket pun tergelitik untuk mencari tahu, karena saya dari tadi melihat perdebatan sengit antara si tumang dan uni salah seorang sales counter kami yang paling senior, entah apa yang di perdebatkan
Mang kenapa uni ??? tanya saya pelan ketika si uni duduk di sebelah kursi saya
Lu pikirlah med, jawab si uni sembari menyemrotkan ingus dari dalam hidungnya
itu customer gua udah dibilangin sama dia dapat diskon dua juta, sekarang pas mo ambil mobil dibilang cuma satu juta. Padahal ini customer udah langganan banget sering beli mobil kemari sama gua. Gua kan jadi gak enak med, jelasnya dengan logat padang yang kental
Saya pun manggut2, pura2 mengerti…
sebenarnya sih masih belum ngerti ….
Emang alasannya kenapa ni ?? Tanya saya lagi
Banyak lah, alasannya katannya beda hari lah, unitnya sudah tinggal dikitlah, sudah ada yang mau lah, pokoknya banyak lah, jawab uni masih terlihat panas
Belum lagi kalo di depan customer, kayaknya ngejatuhin gua banget sampe customer gua bela2in gua.
Belum lagi med, customer gua yang di ambil alih sama dia …
coba lu piker med, gua jadi counter hampir sebelas tahun, tapi lu lihat perlakuannya diab sama gua??? Marahin gua aja kadang di depan cutomer sepertinya gua anak baru kerja sebulan dua bulan, terus di depan customer ngomong sembarangan, gak konsisten.
Belum lagi soal customer2 besar gua, ….
Apa maksudnya dia tangani langsung pedagang2 gua dari medan, riau, jambi ??? padahal sudah ada gua, sales counter yang menangani??? Jadi tugasnya gua ini apa coba??? Ini kan bukan perusahaan dia !!!
gua sama dia sama2 kerja med !!!! tukas si uni dengan nada tinggi
Bla, bla, bla, ……
paaanjang lah pokoknya kalau ditulis cerita si uni hari itu kepada saya, mungkin bisa sepuluh halaman
Dan …..
sayapun hanya manggut2, tidak berani memberikan komentar,
hal2 begini memang rada sensitive kalo di tanggapi,
tapi yang jelas si uni ini sepertinya puas2 bangets cerita sama saya, habis mengeluarkan segala unek2nya soal si tumang , Blas blas blas ….
like orgasm he he

Dan pada akhirnya tiba lah “hari yang menentukan” itu menimpa kepada diri saya
Sore itu saya di panggil oleh kepala administrasi cabang saya.
Duduk med ..
Iya bu, makasih, jawab saya grogi
Wah ada apaan lagi nih ??? gumam saya dalam hati
Med coba baca ini, sembari ia sodorkannya sepucuk surat berlogo perusahaan kami kepada saya
Apaan nih bu ??
Udah baca aja
Setelah saya membacannya ,….
Wah, kog saya di pindah sih bu ??? protes saya kepadanya
Iya, si deni juga, balas si kepala adh
Kenapa ya bu ??Tanya saya pelan.
Saya memang agak segan dengan orang satu ini, karena biar atasan tapi baek dengan anak buah
Saya melihat kamu dengan si boss terlihat kurang baik hubungannya, jadi sangat kurang bagus untuk kinerja kamu
Apa itu usul dari si boss ??? selidik saya kepadanya
Iya, adalah masukan darinya
Waduh …. keluh saya
Kalo udah gini repot ….#@#$$#
Terus saya dipindah ke cabang mana yah bu???
Cabang pondok indah, pusat…. , jelasnya lagi
Alamak !!! , jauh sekali … , gerutu saya dalam hati
Dan,
Tak lama …
beberapa hari kemudian saya dipindahkan ke cabang yang paling jauh dari tempat saya tinggal, dari utara ke selatan, dari tanjung priok ke cilandak.
mana istri tengah hamil tua, lagi keluh saya lagi
begitulah nasib saya berjalan kali ini,
dahsyaaat !!!!
pada akhirnya saya dan deni hanya bertahan satu bulan di cabang pusat
kondisi kerjaan yang memang sedang sulit dan kompetitif karena krisis global di tambah medan yang jauh dan macet, serta istri yang selalu protes karena selalu ditinggal pergi dari subuh sampai tengah malam dari senin sampai minggu membuat fisik dan mental saya drop jatuh ke titik nadir.
Dan, …
demi mempertahan kan “reputasi” saya sebagai orang yang kalah, saya mengundurkan diri dari perkerjaan saya ketimbang di pecat.

ii

Surat “ itu” saya ajukan ke si tumang pada suatu sore, ketika suatu saat saya sekalian mampir ke cabang saya yang lama.
Pertama melihat saya, matanya si tumang menatap liar dan sinis memandang saya
Ngapain lu kemari lagi !!! bentaknya kasar
Ini pak, saya hanya mo ngasih surat pengunduran diri saya ke bapak, jawab saya pelan sembari mendekatinya
Kenapa kemari!!!??? Kan elu udah gua taruh di pusat !!
Iya, tapi katanya saya tetap karyawan cabang sini pak , ucap saya coba menjelaskan
Udah, jangan kasih ke gua,
Lu kasih aja ke adh, ntar gua tanda tanganin !! sergah dia sembari menghindar ngeloyor ke luar
Bangsat ni orang !!!! gak ada hati sama sekali sama anak buah!!!! maki saya dalam hati sembari berjalan ke ruang office
dan, …
saya pun akhirnya resmi “memecat diri” saya sendiri sore itu.
Setelah berjibaku lebih dari delapan bulan, saya pun akhirnya berhasil “di lengserkan” oleh si tumang dengan trik yang cantik.
Memang diantara junior atau anak baru, baik yang diatas angkatan saya, ataupun di bawah saya, saya adalah yang paling susah di dongkel oleh heri dan si tumang.
saya memang cukup beruntung diantara yang bonyok he he, hibur saya dalam hati
dan,….
rekan2 cabang saya yang lama pun ikut merayakan “kepergian” saya dengan bahagia di ruang karaoke samping blok showroom kami, sembari menyanyikan
“tumang tumang anak siamang jangan menangis kami di sini sedang bernyanyi...” la la la la la la la la lala ….

0 Komentar:

Posting Komentar

apakah anda suka dengan tulisan ini, terimakasih jika anda memberikan comentar. masukan dari anda berguna sekali bagi kami...

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda